Berbisnis Hanya Dengan Modal Smartphone

0
498

Mulai dari modal yang sangat kecil, resiko yang lebih rendah saat barang tidak laku terjual, dan nyatanya bisnis ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan tambahan uang.

Bermodalkan sebuah smartphone dan kuota internet, anda sudah bisa memulai bisnis dropship sendiri.

Apalagi ditambah dengan kemampuan anda meyakinkan para pembeli dengan kata-kata yang memikat dan gambar yang menarik. Dijamin akan semakin banyak barang yang akan laku terjual dan akan semakin besar pula penghasilan kalian berbisnis dropship.

Namun, nyatanya bukan Cuma mengandalkan kemampuan kalian meyakinkan calon pembeli saja agar mampu sukses berbisnis dropship. Ada tambahan tips bisnis dropship yang perlu dilakukan agar anda mampu menjadi dropshipper yang handal dan menghasilkan keuntungan.

Berikut tips bisnis dropship yang bisa dilakukan agar usaha yang dijalankan dapat menguntungkan.

Apa Itu Bisnis Dropship

Sebelum membahas lebih lanjut tentang tips bisnis dropship, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu dropship. Dropship merupakan sebuah model bisnis dimana pihak yang menjadi penjual atau disebut dengan dropshipper tidak perlu memiliki stok barang untuk memulai usahanya.

Dropshipper hanya perlu memasarkan produk yang dimiliki supplier kepada para pembeli dan saat terjadi deal transaksi pihak supplier lah yang kemudian akan mengirimkan barang ke pembeli.

Keuntungan yang didapatkan dropshipper melalui selisih harga yang ditawarkan supplier dangan harga yang mereka berikan kepada pihak pembeli. Semakin besar selisih harganya akan semakin besar pula keuntungan yang bisa diperoleh oleh dropshiper.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Dropship

Sistem dropship sebenarnya memiliki keuntungan yang bisa dirasakan oleh kedua belah pihak yang bekerja sama. Pertama pihak suplier dapat lebih mudah mendistribusikan produk yang mereka tawarkan dan mereka tidak perlu lagi direpotkan dengan biaya pemasaran yang mahal karena pihak dropshipper akan memasarkan produk mereka.

Kedua pihak dropshipper dimudahkan dengan fokus terhadap promosi barang yang dijual dan mereka tidak perlu repot dengan stok barang dan kegiatan pengiriman barang.

Keuntungan yang didapatkan inilah yang menjadikan banyak pihak bersedia untuk menjadi seorang dropshipper dan mulai berbisnis dengan modal yang sangat minim.

1. Tips Bisnis Dropship Dengan Fokus Menjual SATU Jenis Barang

Tips bisnis dropship yang pertama adalah sebagai seorang dropshipper kalian harus memiliki satu jenis barang yang dijual terlebih dahulu dan fokuslah dengan itu. Jika kalian berminat menjual sebuah pakaian maka fokuslah dengan hal tersebut dan jangan tambahkan dengan barang lain yang tidak berhubungan seperti perangkat elektronik atau semacamnya.

Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan yang lebih dari para pelanggan kalian. Dengan fokus pada satu jenis produk, maka kalian dapat membangun sebuah brand yang lebih bisa dipercaya.

Keuntungan lainnya yang bisa kalian dapatkan disaat memiliki fokus pada satu jenis produk adalah para pelanggan akan merasa yakin bahwa barang tesebut benar-benar kalian jual dan bukan barang milik orang lain.

Jika kalian bergonta-ganti barang, hari ini menjual pakaian satu minggu kemudian menjual aksesoris handphone dan satu bulan lagi menjual kamera, para pelanggan akan berpikiran bahwa bisnis yang kalian jalankan tidak laku dan hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan para pelanggan dengan produk kalian.

Jadi lakukanlah bisnis dropship ini dengan terlebih dahulu fokus menjual satu jenis produk untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan.

2. Buat Sebuah Brand yang Akan Meyakinkan Pembeli

Tips bisnis dropship yang terpenting adalah mulai untuk memikirkan sebuah brand yang cocok untuk sebuah bisnis dropship yang sedang kalian jalankan.

Meskipun kalian bukan produsen yang menghasilkan barang atau supplier, branding produk tetap diperlukan untuk menentukan positioning kalian dimata para pelanggan.

Buatlah sebuah logo yang mencerminkan usaha dropship yang sedang kalian jalankan. Jangan khawatir, ada banyak sekali software pembuat logo atau membuat logo mudah secara online dan gratis. Pastikan logo tersebut benar-benar mewakili usaha atau produk yang sedang kalian jual dan jalankan.

Anda bisa juga membuat sebuah toko online tersendiri untuk meningkatkan kepercayaan para pelanggan. Modal yang dikeluarkan untuk membuat sebuah website tidaklah menguras banyak biaya. Anda tidak perlu memiliki sebuah hosting yang berbayar, cukup menggunakan hosting gratis dari blogspot untuk membangun toko online kalian.

Hal yang paling penting dalam membangun toko online, kalian perlu memiliki nama domain yang profesional. Maka dari itu sewalah nama domain yang berakhiran .com atau yang lainnya agar lebih meyakinkan para calon pembeli bahwa kalian serius dengan usaha yang dijalankan. Biaya sewa domain pun tidak lah mahal, rata-rata yang perlu kalian keluarkan hanya Rp 100.000 – Rp 150.000 saja per tahunnya.

3. Strategi Cross Selling yang Menguntungkan

Bisnis dropship adalah dengan mulai menerapkan strategi cross selling untuk meningkatkan penjualan kalian. Teknik cross selling adalah teknik bisnis untuk menjual lebih satu jenis barang dalam satu waktu yang bersamaan.

Sebagai contohnya kalian menawarkan charger smartphone, maka kalian bisa juga menawarkan produk lain yang sejenis dan masih memiliki keterkaitan dengan produk yang lainnya. Sebagai contohnya kalian bisa menambahkan dengan menjual aksesoris smartphone yang lainnya seperti anti gores, baterai smartphone, dan yang lainnya.

Menerapkan strategi cross selling sangat penting kalian lakukan agar mempu mendapatkanlebih banyak calon pembeli dalam satu waktu yang bersamaan.

4. Layani Para Konsumen Dengan Baik

Bisnis dropship adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dengan para pelanggan kalian. Yakinlah dengan memiliki pelayanan yang baik, kalian sebagai pengusaha dropship dapat memenangan persaingan usaha yang sengit.

Layanan yang pertama adalah respon yang cepat terhadap keluhan dan pertanyaan pelanggan. Disaat pelanggan mengeluh dengan produk yang dikirimkan, maka segeralah memberi respon dengan cepat dan sampaikan alasan yang masuk akal dan bisa diterima oleh mereka agar pelanggan tersebut tidak kecewa dengan pelayanan kalian.

Berikan juga tanggapan dengan cepat terhadap beberapa pertanyaan para pelanggan dengan cepat dan tidak bertele-tele. Cara yang paling ampuh agar kalian bisa menjawab berbagai macam pertanyaan para pelanggan adalah dengan memahami dengan benar apa barang yang kalian jual dan tawarkan.

Bertanyalah dengan suplier produk tentang keunggulan produk tersebut dan seperti apa spesifikasinya lebih lanjut, hal-hal detail lainnya perlu kalian tanyakan agar benar-benar paham terhadap barang yang sedang dijual.

Jika kalian benar-benar memahami produk yang akan dijual, maka berbagai pertanyaan yang diajukan para pelanggan akan lebih mudah untuk kalian jawab dengan cepat.

5. Berikan Deskripsi Barang dengan Lengkap dan Benar

Seringkali para pelaku dropship tidak memberikan deskripsi barang yang lengkap dan terkesan asal-asalan. Padahal dengan melakukan hal ini akan lebih banyak kesulitan yang akan dihadapi dimasa depan. Salah satu contohnya adalah kalian akan lebih banyak menghabiskan waktu menjawab berbagai pertanyaan dari para pelanggan yang ada.

Berikanlah deskripsi barang atau produk yang dijual dengan langkap. Jika kalian menjual pakaian berikanlah spesifikasi warna yang tersedia, ukuran pakaian yang dijual dan jenis bahan yang digunakan. Semakin lengkap kalian memberikan deskripsi sebuah barang, maka akan semakin kecil kemungkinan kalian menjawab pertanyaan yang sama dari para pelanggan.

Hal ini tentu menghemat banyak waktu kalian untuk menjawab berbagai pertanyaan yang sering kali ditanyakan pelanggan.

6. Ketahui Lebih Dalam Suplier Kalian

Tips bisnis dropship yang perlu kalian perhatikan lebih lanjut adalah tentang memahami lebih dalam suplier produk. Memiliki suplier yang tepat dan berkualitas akan menjamin kepuasan para pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

Pertama, mulailah untuk mencari tahu alamat suplier yang akan bekerja sama dengan kalian. Mulailah mengecek dengan teliti benar tidaknya alamat website yang dimiliki oleh suplier. Jika lokasi suplier berdekatan dengan tempat kalian berjualan, adalah lebih baik ketika kalian secara langsung melihat produk yang ditawarkan oleh suplier

Pastikan deskripsi yang mereka tampilkan benar-benar sesuai dengan apa yang anda perhatikan secara langsung.

Melihat produk secara langsung akan bermanfaat bagi kalian untuk memastikan bahwa suplier memiliki barang yang benar-benar berkualitas dan dapat dipercaya.

Jika mereka memiliki sebuah website perhatikan berbagai komentar yang ada disana. Jika banyak pelanggan yang berkomentar negatif tentang produk tersebut, lebih baik anda tidak melanjutkan untuk bekerja sama dengan suplier tersebut.

7.Kesepakatan Dengan Suplier Harus Jelas

Memiliki kesepakatan yang jelas dengan suplier dangatlah penting kalian lakukan. Hal ini diperlukan agar jangan sampai para pelanggan merasa kecewa dengan barang yang dikirimkan oleh suplier.

Tanyakan kepada mereka seperti apa kesepakatan ketika terjadi retur barang oleh para pelanggan. Retur barang bisa terjadi karena kesalahan dari pihak suplier seperti salah kirim barang, barang yang rusak, dan yang lainnya. Perjelas kesepakatan bagaimana pergantian ongkos kirim ketika retur tersebut terjadi. Apakah ada kompensasi yang akan diberikan oleh pihak suplier ketika terjadi kesalahan tersebut.

Hal ini sangat penting kalian perhatikan mengingat kesalahan tersebut sangat menggangu kenyamanan dan kepercayaan para pelanggan yang berbelanja di toko kalian.

8. Suplier yang Berkualitas Perlu Dipertimbangkan

Memilih seorang suplier merupakan pekerjaan yang gampang tapi sangat beresiko. Gampang karena ada banyak pihak yang menawarkan kerja sama untuk melakukan dropship dan beresiko karena belum tentu suplier tersebut benar-benar memiliki kualitas yang baik.

Suplier dikatakan berkualitas ketika mereka memiliki stok barang yang banyak dan tidak mudah kehabisan stok. Hal ini sangat penting kalian lakukan karena ketersedian stok sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis kalian. Pilihlah suplier yang telah terbiasa menangani banyak dropshipper, pengalaman mereka ini dapat menjadi nilai tambah apabila kalian memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka.

Jangan habiskan waktu kalian untuk bekerja sama dengan suplier yang tidak memiliki stok yang cukup atau masih sangat sedikit. Hal ini dikarenakan disaat kalian mendapatkan pesanan dalam jumlah yang banyak mereka akan kesulitan untuk memenuhi pesanan kalian tersebut.

Lalu Bagaimana Memilih Suplier yang Berkualitas ?

Mengatahui suplier yang berkualitas sebenarnya cukup mudah dan bisa kalian terapkan. Caranya adalah dengan melihat review atau testimoni yang diberikan para pelanggan terhadap penjualan toko tersebut. Respon yang positif menunjukan kualitas yang baik untuk para pelanggan dan patut kalian pertimbangkan.

Mulailah untuk mengecek fasilitas apa yang ditawarkan suplier terhadap para mitra dropshipper mereka. Para suplier yang berkualitas biasanya memberikan bimbingan kepada para mitra mereka agar mampu menjual lebih banyak produk. Patikan juga ketersedian support secara online dan offline agar kalian bisa bertanya dan meminta bantuan kepada mereka suatu waktu.

9. Perhatikan Margin Keuntungan yang Didapatkan

Tips bisnis dropship yang tak kalah penting adalah dengan memerhatikan margin keuntungan yang akan kalian dapat sebagai seorang dropshipper.

Dikarenakan kalian bukan pemilik produk dan hanya sebagai perantara antara suplier dan pelanggan maka selisih keuntungan terkadang sangat kecil untuk kalian dapatkan.

Mengapa demikian ?

Hal ini dikarenakan jika kalian menetapkan harga jual yang terlampau tinggi, maka para pelanggan tidak akan bersedia untuk membeli barang kepada kalian. Mereka pasti akan lebih memilih produk yang bisa mereka dapatkan dengan harga yang lebih murah dan menguntungkan.

Cara cerdas agar kalian mampu mendapatkan margin keuntungan yang besar yaitu diatas 20% dari harga jual adalah dengan mengubah target pasar kalian.

Target pasar menengah ke atas merupakan pasar yang bisa kalian bidik dan jadikan konsumen utama terhadap produk yang dijual.

Mengapa harus konsumen menengah ke atas ?

Hal ini perlu karena mereka tidak sensitif terhadap harga yang tinggi. Jenis konsumen ini lebih mementingkan kualitas dibandingkan harga yang murah. Jadi kalian bisa mendapatkan margin keuntungan yang tinggi dengan menjadi dropshipper yang menarget pasar menengah ke atas.

Namun, jika kalian menarget pasar ini, maka sangat diperlukan untuk melihat produk tersebut secara langsung. Sehingga kalian bisa menentukan apakah produk tersebut benar-benar memiliki kualitas dan pantas dihargai tinggi oleh para pelanggan.

10. Perhatikan cara Suplier Mengemas Barang

Tips bisnis dropship yang terakhir adalah dengan memperhatikan bagaimana cara para suplier mengemas barang yang akan dikirimkan kepada para pelanggan.

Hal ini sangat diperlukan apalagi barang yang anda jual merupakan barang elektronik atau pecah belah dan sangat mudah rentan jika tidak dipacking dengan baik.

Bertanyalah kepada para suplier kalian bagaimana mereka melakukan packing barang. Atau kalian bisa menguji para suplier dengan terlebih dahulu memesan barang kepada mereka.

Dari sana kalian bisa mengetahui bagaimana suplier tersebut melakukan packing barang. Jika kalian anggap layak dan aman, maka teruskanlah untuk bekerja sama. Namun jika tidak, lebih baik kalian menemukan supier yang lain.

Jangan lupa mintalah kepada para suplier untuk memasang nama kalian sebagai pengirim barang. Hal ini terkesan sepele namun sering kali dilupakan para dropshipper. Jika hal ini tidak kalian lakukan, maka para pelanggan akan mulai hilang kepercayaan dengan produk kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here