Cara Menjual Produk Di Blog Lebih Mudah dan Cepat

0
537
Cara Menjual Produk Di Blog Lebih Mudah dan Cepat

Jika Anda seorang product creator atau seorang affiliate marketing yang saat ini masih kesulitan menjual produk di blog, masih merasa menjual itu sulit dan melelahkan, atau sudah bisa menjual tapi hasilnya tidak signifikan, maka saya berharap ulasan ini dapat membuka kembali pikiran Anda dan dapat menjadi petunjuk untuk Anda bagaimana supaya Anda bisa menjual produk lebih mudah dan lebih cepat di blog untuk mendapatkan penghasilan.

Ok, saya tidak akan panjang lebar lagi, langsung saja supaya Anda bisa segera mempraktikkan apa yang akan saya tunjukkan, saya akan ajak Anda untuk melihat langkah-langkah yang perlu Anda lakukan supaya Anda bisa jualan di blog lebih mudah dan lebih cepat untuk mendapatkan penghasilan.

1. Tingkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan.

Jika Anda ingin menjual produk di blog lebih mudah dan cepat maka Anda harus bisa mendatangkan jumlah pengunjung yang banyak ke blog sebelum menjual produk.

Tidak ada pengunjung, maka akan sulit melakukan penjualan.

Ini adalah fakta, dan saya pribadi punya pengalaman menarik terkait dengan hal ini.

Dulu saat awal-awal saya membangun blog Rona Presentasi saya pikir menjual produk akan mudah, tapi ternyata saya salah, karena setelah saya mencoba mempromosikan produk, hasilnya saya tidak bisa menjual produk yang saya promosikan.

Namun hal berbeda terjadi setelah satu tahun blog saja berjalan, setelah pengunjung blog saya di atas 1000 orang perhari, saya mulai merasakan mudahnya menjual dan mendapatkan uang dari blog yang saya kelola.

Dari pengalaman tersebut, saya berkesimpulan bahwa jumlah kunjungan ke blog sangat berpengaruh signifikan untuk mendongkrak penjualan.

Jika kunjungan ke blog melimpah, jualan akan mudah, sebaliknya jika jumlah kunjungan sedikit maka jualan juga akan menjadi sulit.

Jadi jika saat ini Anda merasa sulit jualan, padahal produk yang Anda promosikan adalah produk yang berkualitas, maka saran pertama saya coba periksa jumlah kunjungan blog Anda, kalau jumlah pengunjung masih rendah tingkatkan jumlah pengunjung blog Anda terlebih dahulu, fokus di situ dulu. Jangan terburu-buru jualan kalau jumlah kunjungan Anda masih di bawah angka 1000 kunjungan.

Terkait dengan cara meningkatkan jumlah kunjungan ini ada beberapa cara bisa Anda lakukan misalnya seperti aktif dalam komunitas media sosial yang satu topik dengan blog Anda, seo, mengadakan kontes review blog, menjadi penulis tamu di blog lain atau bisa juga menggunakan jasa iklan berbayar.

2. Bangun email calon pelanggan

Langkah yang kedua supaya jualan di blog mudah dan cepat adalah bangun email calon pelanggan.

Saya sendiri sudah merasakan hasilnya, di mana setiap bulan alhamdulillah saya bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dengan mempromosikan produk saya kepada 10 ribu+ subscriber blog yang saya kelola.

 

Anda pun juga bisa mendapatkan seperti apa yang sudah saya dapatkan, Anda bisa menjual apapun produk Anda dengan mudah dan cepat bahkan bisa melebihi apa yang saya capai, asal Anda punya database email calon pelanggan yang banyak.

Jadi saat ini yang perlu Anda lakukan, jika daftar email Anda masih sedikit maka tingkatkan jumlahnya. Beri pengunjung blog Anda hadiah supaya mereka mau menyerahkan email mereka kepada Anda.

Kemudian jika Anda belum memiliki daftar email, maka bangun segera daftar email Anda. Investasikan sedikit uang Anda untuk menyewa autoresponder guna membangun list email dan mengelola daftar email pengunjung blog Anda.

3. Jual Hanya Produk Yang berkualitas

Jangan pernah Anda bermimpi bisa menjual produk dengan mudah dan cepat, jika produk yang Anda tawarkan adalah produk pasaran yang kualitasnya biasa-biasa aja. Tidak peduli apakah itu produk Anda sendiri atau produk affiliasi, pastikan Anda hanya akan menjual produk yang beda dan yang terbaik kualitasnya.

4. Promosikan Dengan Cerdas dan Tepat Sasaran

Jika blog Anda sudah memiliki jumlah pengunjung yang banyak, Anda sudah memiliki ribuan daftar email calon pelanggan yang tertarget, Anda sudah memiliki produk yang berkualitas, selanjutnya pastikan bahwa Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan cerdas dan tepat sasaran.

Hindari mempromosikan produk dengan cara-cara yang tidak elegan, seperti melakukan spamming ke email yang tidak Anda kenal dan yang tidak kenal Anda, dan jangan pula terlalu melakukan promosi hard selling yang berlebihan.

Hindari pula mempromosikan produk yang tidak sesuai dengan target market Anda.

Karena cara-cara seperti di atas hanya akan membuat diri Anda dijauhi calon pelanggan dan sulit mendapatkan penjualan.

Lantas bagaimana cara cerdas dan tepat sasaran dalam menjual di blog?

Ada beberapa saran bisa Anda lakukan, contohnya seperti:

Memasang banner produk di blog. Tapi jangan asal banner, buatlah banner yang menarik perhatian, sehingga pengunjung blog penasaran dan mau klik banner yang sudah Anda arahkan ke halaman penjualan.

Jika Anda adalah seorang product creator maka Anda juga harus dapat membuat halaman penjualan Anda memikat hati calon pelanggan untuk membeli.

 

Promosi dengan mail marketing. Jika Anda sudah memiliki jumlah subsciber ribuan, lakukan promosi produk via email dengan teknik email marketing.

Jika Anda melakukan promosi ke subsciber baru mendaftar, lakukan teknik di bawah ini.

Buat pesan email pengantar promosi sampai minimal 6 kali.

Dengan urutan pesan tiga kali untuk mengubah mindset calon pelanggan, supaya yang awalnya mereka belum merasa butuh akhirnya memiliki rasa butuh, atau kalau yang awalnya belum yakin bisa menjadi tambah yakin terhadap produk yang Anda tawarkan.

Kemudian tiga kali berikutnya adalah untuk membangun kepercyaan, supaya calon pelanggan percaya bahwa Anda adalah orang dapat dipercaya dan kompeten (jika Anda seorang product creator.

Kemudian untuk email ke tujuh Anda bisa mulai mempromosikan produk Anda.

Jika Anda ingin promosi ke subsciber lama, lakukan teknik di bawah ini.

Pertama, buat iklan di bawah kiriman update konten blog terbaru.

Ini yang paling sering saya lakukan. Meskipun saya jualan, tapi itu bukan menjadi tujuan utama, tetap yang utama adalah menginformasikan bahwa ada konten baru yang telah saya publikasikan.

Kedua, tawarkan bonus tambahan atau diskon dalam periode tertentu yang sudah Anda tetapkan.

Ok, itu tadi cara-cara cerdas yang bisa Anda terapkan untuk bisa menjual produk di blog lebih mudah dan cepat.

Kemudian terkait dengan cara yang tepat sasaran, maksudnya adalah apa yang Anda tawarkan harus sesuai dengan target market Anda.

Jika blog Anda adalah blog kesehatan, maka promosikan produk-produk tentang kesehatan atau produk yang masih ada hubungannya dengan kesehatan.

Jika blog Anda tentang internet marketing, promosikan produk-produk internet marketing.

Jika blog Anda adalah blog tentang presentasi, jual produk-produk yang presentasi.

Demikianlah cara-cara yang sudah terbukti bekerja, yang sudah saya terapkan untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang saya kelola.Meski yang sampaikan ini tidak detail banget, tapi saya berharap ini bisa membuka mindset Anda dalam berjualan dengan cara yang baik dan benar lewat media blog.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here