Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

0
491
Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja seseorang berbeda – beda satu sama lainnya. Semakin bisa seseorang memanajemen waktu maka dia akan memiliki produktivitas tinggi. Selain itu tingkat stress juga mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Sebelum membahas produktivitas lebih lanjut, kita harus tahu dulu apa itu produktivitas ?

Produktivitas dapat diartikan sejauh mana sumber daya tersebut bisa berjalan dengan optimal, baik itu benda maupun manusia. Namun bahasan kali ini dikhususkan kepada manusia.

Nah, untuk mengoptimalkan kinerja kita ada beberapa tips agar produktivitas kerja kamu meningkat. Berikut penjelasannya …

Jangan bekerja terlalu keras.

Bekerja terlalu keras berpengaruh pada tingkatan stress. Makin kita bekerja keras maka makin bertambah pula tingkatan stress kita. Sebaiknya kamu menghindari bekerja terlalu keras agar produktivitas mu tidak terganggu.

Fokus pada satu pekerjaan.

Memang beberapa orang bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Namun tentunya itu tidak semaksimal fokus pada satu pekerjaan. Membagi pekerjaan menjadi beberapa prioritas agar kamu tidak memikirkan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

Bekerja diluar ruangan ? kenapa tidak ?

Terkadang bekerja didalam ruangan membosankan. Kepala kamu akan terasa penuh dan tidak akan rileks dalam pekerjaan. Untuk beberapa saat coba untuk bekerja diluar ruangan seperti di taman atau pun di pantai. Suasana yang nyaman juga menentukan produktivitas kamu, semakin kamu merasa rileks tentunya mood kamu untuk pekerjaan juga bakalan bagus. Boleh dicoba deh !

Belajar berkata tidak disaat pekerjaanmu belum selesai.

Beberapa orang sulit untuk menolak pekerjaan yang diberikan rekan kerjanya. Padahal perkerjaan itu juga tidak terlalu penting. Disaat kamu masih memiliki setumpuk pekerjaan yang harus dilakukan, cobalah menolak pekerjaan yang diberikan rekan kerja kamu. Selain itu kamu juga harus menolak beberapa ajakan yang mungkin bakal menyesatkan kamu, coba katakan TIDAK dan fokus. hehe

Jangan menjadi perfeksionis.

Menjadi perfeksionis boleh boleh saja di beberapa hal. Tetapi ada kalanya kita tidak butuh terlalu perfeksionis, karena perfeksionis biasanya bakalan buat kita panik dan stress berat. Cobalah untuk rileks dan jangan terlalu serius. Percayalah serius itu membosankan mhihi

Beri waktu otak untuk berfikir.

Kamu juga butuh waktu untuk berfikir sejenak. Jangan hanya bekerja, bekerja, bekerja dan tidak mempedulikan waktu untuk berfikir. Bekerja tanpa adanya waktu berfikir sejenak akan membosankan !

Bekerja secara bertahap.

Bekerja 25 menit, istirahat 5 menit dan bekerja kembali. Coba lakukan siklus tersebut, yakinlah pekerjaan yang kamu lakukan bakal menyenangkan dan tidak akan membosankan. Dengan sprint seperti itu akan membuat kamu rileks.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here